Info

26 Tari Tradisional Indonesia Paling Populer

VIVA   –  Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kekayaan. Keragaman tersebut diantara lain ragam suku bangsa, ras, etnis, agama, cara, dan ragam budaya dengan patut kita banggakan.

Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia adalah ragam tarian wilayah. Tari  tradisional Indonesia memutar populer telah kami rangkum untuk menambah wawasan kamu, dan mengenal lebih di tarian-tarian dari berbagai kawasan.

Apa saja tari tradisional Indonesia paling populer hingga zaman ini?

Indonesia mempunyai 34 provinsi dengan total luas wilayah 5. 180. 083 km2, mencakup besar daratan dan lautan. Masing-masing provinsi memiliki keragaman terpisah. Salah satu keragaman yang tampak adalah tarian tradisionalnya.  

Berikut 26 tari tradisional Indonesia dengan terkenal:

satu. Tari Saman – Aceh

Photo:

  • VIVA/M Ali Wafa

Tari Saman ialah tarian yang berasal sejak dataran tinggi Gayo, Nanggroe Aceh Darussalam yang sudah terkenal hingga mancanegara. Tarian adat asal Aceh ini diciptakan oleh seorang ulama pada abad XIV Masehi, yaitu Syekh Mohammad as-Saman.

Pertunjukkan tari adat Aceh sangat pekat dengan dakwah dan syair petuahnya yang menggunakan bahasa Gayo dan Arab.

Tari Saman tidak diiringi dengan musik, cuma menampilkan gerakan tepuk tangan dan gerakan lainnya serupa gerpuk, kirep, lingang, serta surang-saring. Seiring berkembangnya kala, ada pula yang memberi iringan musik rebana.

Tari Saman dimainkan oleh pria dengan total ganjil atau minimal 7 orang, bahkan hingga ratusan. Namun syarat terpenting secara jumlah ganjil.

2. Tari Reog Ponorogo – Jawa Timur

Tari Reog Ponorogo berawal dari Jawa Timur. Tarian ini sangat kental mau mistik dan ilmu sufi yang kuat. Tokoh di tarian ini yaitu Jathil, Warok, Barongan (dadak merak), klono sewandono, bujang ganong (ganongan).

Tari Reog Ponorogo tidak cuma bernilai seni, namun mempunyai nilai luhur. Budi tata susila mulia disimbolkan melalui rumor merak, keberanian membela kebenaran (harimau), patriotisme (tari jathil), optimisme (tari pujangganong), & kepemimpinan (tari kelana sewandana).

3. Tari Janger – Bali

Photo:

  • http://readthisfella.blogspot.com

Tari Janger termasuk kedalam jenis tari pergaulan Bali yang dibawakan oleh 10 hingga 16 penari cukup umur putri (janger) dan penari putra (kecak).

Tarian ini berfungsi buat menghibur semata. Para penari menyanyikan lagu Janger secara bersahut-sahutan serta diiringi Gamelan Batel (Tetamburan) dan Gender Wayang.  

4. Tari Pendet -Bali

Photo:

  • bali-trafel-live. com

Tari Pendet merupakan tarian yang berawal dari Bali, salah satu tarian untuk selamat datang di Pulau Bali. Tarian ini dibawakan secara tenang, tulang, dan menghanyutkan.

Tarian ini digunakan buat upacara di Pura atau tempat suci keluarga sebagai ungkapan rasa hormat, syukur, dan sukacita saat menerima kehadiran para dewata.

5. Tari Kecak – Bali

Tari Kecak berasal dari Bali yang sudah dikenal bangsa luas, bahkan mancanegara. Sebab Bali merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh turis luar negeri.

Tarian ini diciptakan oleh seniman Bali yaitu Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman bernama Walter Spies. Tarian ini terinspirasi dari ritual tradisional dengan dilakukan oleh masyarakat Bali.

Tarian Kecak dilakukan oleh puluhan adam dengan telanjang dada serta mengenakan kain kotak-kotak dipinggang hingga atas dengkul.

Tari Kecak merupakan ritual shangyang atau konvensi untuk menolak bala. Nilai moral dalam tarian ini adalah kasih yang jujur akan menang dengan ciri dan kesungguhan.

6. Tari Bedana – Lampung

Photo:

  • Tangkapan layar youtube/Bulan riesta

Tari Bedana berasal dari Terkatung-katung yang mencerminkan tata   kehidupan masyarakatnya sebagai pengejawantahan simbol adat istiadat, petunjuk, dan etika.

Tarian ini sebagai perkakas hiburan, serta mengandung nilai budaya yang dapat dijadikan cara menginterpresentasikan persahabatan, percampuran, dan juga kasih sayang.

7. Tari Papatai – Kalimantan Timur

Photo:

  • Tangkapan layar youtube/Prihatnyo Ruli Hermawan

Tarian Papatai ialah tarian perang yang berawal dari Kalimantan Timur yang membentuk pertahanan diri sebuah suku yang dikemas menjadi sebuah tarian.  

Tarian ini mempunyai makna kejantanan, keperkasaan seorang lelaki yang bertempur dalam medan perang, dimana dirinya harus mempertahankan wilayahnya. Tarian ini menjadi sebuah ikon tari perang Kalimantan Timur.

8. Tari Saronde – Gorontalo

Photo:

  • Tahanan layar youtube/Nova Go

Tarian Saronde merupakan tarian tradisional yang berasal dari Gorontalo, yang terinspirasi dari kebiasaan adat pernikahan masyarakat Gorontalo.

Tarian Saronde terdiri dari tiga hingga enam pasangan penari pria dan wanita. Selain digunakan untuk tarian pernikahan, tarian ini juga ditampilkan sebagai tari pertunjukkan dan menjadi salah satu bagian dibanding prosesi adat.

Share this: