Info

Canggih, Seniman Jalanan Kini Mampu Terima Pembayaran Pakai QR Code

VIVA   –  Pandemi COVID-19 menyebabkan hampir semua pelaku seni budaya kehilangan ruang untuk berekspresi. Kendati demikian, semangat itu untuk terus menghidupkan halus budaya bangsa tidak redup, sehingga menggelar pertunjukan online/virtual/daring menjadi salah satu pilihan alternatif. Pertunjukan online tersebut berlangsung baik secara tepat maupun tidak langsung.  

Implikasi dibanding kondisi tersebut adalah pembicaraan pembayaran pun kini penuh dilakukan secara digital. Sepanjang pandemi, banyak sekali kalender stimulus yang diberikan negeri kepada para pelaku halus budaya. Namun, salah mulia kendala utama dalam penyalurannya adalah rekening bank. Sebab banyak pelaku seni kebiasaan yang tidak memiliki rekening pribadi dan menggunakan rekening orang lain (saudara/istri/anak) sehingga penyalurannya menjadi terkendala.

Pada tahun 2019, Institut Musik Jalanan (IMJ) menjalin kerja sama secara salah satu Fintech pada mana kerja sama ini memungkinkan semua musisi jalanan yang terkurasi mendapatkan QR Code guna mendapatkan kemudahan apresiasi via scan barcode melalui device masing-masing.  

Share this: